Selasa, 18 Februari 2014
Selasa, Februari 18, 2014

Content Management System (CMS)

Content Management System (CMS)


Assalamualaikum wr wb sahabat blogger, kali ini admin ingin berbagi ilmu mengenai Content Management System (CMS). Sebelum kita mempelajari lebih lanjut mengenai CMS kita harus mengerti Apa yang dimaksud CMS itu? 
Content Management System (CMS) adalah aplikasi WEB yang berisikan template k mengelola isi halaman web secara mudah. Penggunaan CMS tidak memerlukan pengetehuan pemrograman web yang handal karena proses instalasi dan penggunaannya sudah user friendly.
CMS sendiri ada yang dibuat khusus menyesuaikan kasus yang ada (custumized) dan biasanya berbayar dan ada yang berupa template instant yang fungsionalitasnya di buat dengan menyesuaikan pada beberapa bisnis yang ada didunia nyata yang dapat digunakan secara gratis. 
Aplikasi CMS instant yang banyak terdapat di internet saat ini kebanyakan dibuat menggunakan scripting language PHP dan database-nya adalah MYSQL. Saat ini perkembangan CMS cukup pesat, banyak vendor yang membuat CMS instant yang didistribusikan secara gratis. Perkembangan CMS instant saat ini juga dipicu oleh per kembangan web 2.0 yang memungkinkan interaksi dalam arti yan g cukup luas antara pengelola web dan pengunjung web. 
Selain perkembangan teknologi web dan infrastruktur internet, perkembangan CMS juga dipicu pleh kebutuhan masyarakat dan pelaku bisnis yang menginginkan web dapat mendukung kegiatan bisnis mereka secara mudah dalam hal pengelolaan content, cepat dalam pembuatan web, serta murah dalam pengadaannya. Bahkan saat ini, pengembangan aplikasi web CMS sudah banyak yang menggunakan konsep framework. Dengan konsep ini, sangat dimungkinkan untuk melakukan modifikasi terhadap beberapa fitur CMS instant tersebut karena semuanya dibuat lebih modular.
 Berikut  adalah beberapa contoh web CMS instant yang dibuat oleh vendor dan dapat digunakan secara gratis dan scripting language yang digunakan adalah PHP dengan database server MYSQL.
Ada beberapa jenis-jenis CMS, yaitu:
  • 1. CMS untuk membuat personal blog, contohnya : Wordpress (www.wordpress.com)
  • 2. CMS untuk membuat e-Commerce, contohnya : PrestaShop, OsCommerce, OpenCart, Drupal.
  • 3. CMS unuk membuat web e-Learning, contohnya : Moodle
  • 4. CMS untuk membuat personal web, contohnya :Joomla!, Mambo
  • 5. CMS untuk membuat e-Office, contohnya : Kantaya (Kantor Maya)
  • 6. CMS untuk membuat web e-Forum, contohnya: phpBB (www.phpbb.com)
Berikut adalah beberapa jenis framework berbasis scripting language PHP :
  • 1. Code Igniter (CI)
  • 2. RubyOnRail(RoR)
  • 3. CakePHP
  • 4. FuseBox
Sekian ya sahabat blogger mengenai CMS ada kurangnya mohon maaf. Wassalamualaikum wr wb.

0 comments:

Posting Komentar

 
Online casino